Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama
sekolah : SD
Bhakti Agung
Kelas/semester
: III/I dan II
Mata
Pelajaran :
IPA,IPS, Matematika, Bahasa Indonesia
Alokasi
Waktu : 100 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Memahami jenis pekerjaan
dan penggunaan uang.
2. Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Memahami kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan
lingkungan.
3. Matematika
Melakukan operasi
hitung bilangan sampai 3 angka.
4. Bahasa
Indonesia
Mengungkapkan pikiran ,
perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
B.
Kompetensi
Dasar
1. Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Memahami jenis-jenis
pekerjaan.
2. Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Membedakan ciri-ciri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
3. Matematika
a. Melakukan
operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan.
b. Memecahkan
masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
4. Bahasa
Indonesia
Menulis karangan
sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat
yang tepat dengan memperhatikan
penggunaan ejaan,huruf capital, dan tanda titik.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari tema Mengenal Berbagai Pekerjaan, siswa kelas III SD Bhakti Agung
diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa minimal 3 dengan tepat.
2. Mengidentifikasi
4 ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat dengan benar.
3. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran penjumlahan dan
pengurangan.
4. Menuliskan
karangan berbentuk narasi mengenai suatu profesi sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang
baik dan benar
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Awal
|
·
Guru mengawali pembelajaran de ngan berdoa.
·
Guru mempresensi siswa
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
kepada siswa
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai
cita-cita yang diinginkan
·
Guru menanyangkan video
·
Guru menekankan inti dari
video tersebut.
|
·
Siswa berdoa bersama guru.
·
Siswa menyimak presensi guru.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru
·
Siswa menyaksikan video
tersebut.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru
|
15
menit
|
2.
|
Inti
|
·
Guru menampilkan gambar-gambar profesi
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai
jenis-jenis pekerjaan yang ada di PPT
·
Guru menunjuk siswa untuk menceritakan
pekerjaan orang tua
·
Guru membagikan gambar seorang pekerja
dari suatu profesi kemudian meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
·
Guru meminta siswa untuk mengelompokan
pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa dengan cara menempelkan di karton
yang telah disediakan.
·
Guru bersama siswa membahas hasil yang
telah dikelompokan.
·
Guru meminta siswa untuk memprediksi keadaan lingkungan
suatu profesi bekerja.
·
Guru menanyangkan video mengenai
lingkungan pekerjaan dari berbagai pekerjaan.
·
Guru meminta siswa berdiskusi mengenai
lingkungan pekerjaan
·
Guru meminta salah satu siswa untuk
mengkomunikasikan hasil diskusinya
·
Guru meminta siswa mengidentifikasi
ciri-ciri lingkungan pekerjaan yang sehat dan tidak sehat.
.
·
Guru bertanya mengenai ciri-ciri
lingkungan sehat dan tidak sehat.
·
Guru menjelaskan ciri-ciri lingkungan
sehat dan tidak sehat secara keseluruhan.
·
Guru meminta siswa
mengerjakan LKS.
·
Guru memberikan suatu cerita mengenai
pendapatan dari tiap pekerjaan.
·
Guru memberikan pengantar masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan.
·
Guru memberikan LKS kepada siswa
·
Guru membimbing dan memfasilitasi tiap
kelompok
·
Guru meminta siswa untuk mengumpulkan
LKS
·
Guru membahas secara garis besar
mengenai LKS.
·
Guru memiliki 5 gambar berseri tentang
pekerjaan (koki, guru, dokter, dan pemadam kebakaran)
·
Guru membagikan kartu yang diambil
secara acak oleh siswa.
·
Guru meminta siswa masuk ke dalam
kelompok yang sesuai dengan petunjuk kartu.
·
Guru meminta siswa untuk berdiskusi
dengan teman sekelompoknya mengenai gambar seri yang sesuai dengan petunjuk
kartu.
·
Guru meminta siswa untuk menuliskan
karangan berbentuk narasi (2 paragraf) berdasarkan gambar seri yang sesuai
dengan petunjuk kartu secara individu.
·
Guru memberikan flipchart kepada
masing-masing kelompok untuk menempelkan hasil karya tulisnya.
·
Guru meminta siswa membuka stand untuk
mempresentasikan hasil karyanya.
·
Guru mengajak siswa untuk -berkunjung
ke masing-masing stand untuk melihat dan memberi komentar mengenai hasil
karya tiap kelompok.
·
Guru membimbing jalannya presentasi.
Kelompok yang standnya akan dikunjungi, diminta untuk siap di standnya
terlebih dahulu sebelum mendapatkan kunjungan.
·
Guru meminta siswa untuk kembali ke
tempat duduk masing-masing.
|
·
Siswa mengamati gambar (menyimak& berbicara)
·
Siswa menjawab pertanyaan guru (menyimak&berbicara)
·
Siswa menceritakan pekerjaan orang tua
masing-masing (menyimak&berbicara)
·
Siswa mengambil gambar kemudian mengamati.
(menyimak)
·
Siswa mengelompokan gambar pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa. (membaca)
·
Siswa bersama guru membahas hasil yang
telah dikelompokan (menyimak, membaca, dan berbicara)
.
·
Siswa memprediksi lingkungan suatu profesi bekerja. (menyimak&membaca)
·
Siswa menyimak isi video (menyimak)
·
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku (menyimak &berbicara)
·
Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi
(berbicara&menyimak)
·
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri
lingkungan pekerjaan yang sehat dan tidak sehat.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru. (berbicara)
·
Siswa menyimak penjelasan dari guru.
·
Siswa mengerjakan LKS.
(membaca)
·
Siswa memahami isi cerita tersebut. (membaca)
·
Siswa mendengarkan penjelasan dari
guru. (menyimak)
·
Siswa mengerjakan LKS
·
Siswa berdiskusi dan mengerjakan LKS
·
Siswa mengumpulkan LKS
·
Siswa menyimak dan bertanya kepada
guru
·
Siswa mengamati ke-5 seri gambar
·
Siswa mengambil kartu tersebut secara
acak.
·
Siswa masuk ke dalam kelompok yang
sesuai dengan petunjuk kartu.
(membaca&berbicara)
·
Siswa berdiskusi bersama teman
sekelompoknya. (berbicara dan menyimak)
·
Siswa menuliskan karangan berbentuk
narasi sebanyak 2 paragraf. (menulis0)
·
Siswa menempelkan hasil karyanya di
flip chart.
·
Siswa membuka stand dengan bimbingan guru.
·
Siswa melihat dan
mengomentari setiap stand profesi dengan bimbingan guru. (berbicara dan menyimak)
·
Siswa mengikuti bimbingan
guru selama presentasi berlangsung.
·
Siswa kembali ke tempat
duduk.
|
50
menit
|
3.
|
Penutup
|
·
Guru memberikan apresiasi kepada siswa
atas keberhasilan yang sudah dicapai
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan
·
Guru memberikan soal evaluasi
kepada siswa
·
Guru menutup pembelajaran dengan
berdoa
|
·
Siswa menerima pujian dari guru
·
Siswa bersama guru membuat kesimpulan
·
Siswa mengerjakan soal evaluasi
·
Siswa berdoa bersama guru
|
35menit
|
E.
Media dan Alat
o PPT
o Komputer
o LCD
o Proyektor
o Kotak Ajaib
o Uang-uangan
F. Pendekatan/
metode
o Pendekatan Berbasis Masalah
o Keterampilan Proses
o Ceramah interaktif
o Diskusi
G.
Penilaian
A.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
1.
Ranah Afektif (Diskusi)
a.
Lembar Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Mendengarkan
|
|
|
|
2.
|
Komunikasi
nonverbal
|
|
|
|
3.
|
Partisipasi
|
|
|
|
4.
|
Keruntutan
berbicara
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
b.Rubrik
Penilaian
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
|
Mendengarkan
teman yang berbicara, tetapi
sesekali masih
perlu
diingatkan
|
Masih perlu
diingatkan untuk mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
|
Komunikasi non
verbal (kontak
mata,
bahasa tubuh,
postur,
ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan tepat
|
Merespon dengan
tepat terhadap komunikasi nonverbal yang
ditunjukkan teman
|
Membutuhkan
bantuan
dalam memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal
yang ditunjukkan
teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman.
selalu mendukung
dan memimpin yang
lainnya saat
diskusi
|
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci, merespon
sesuai
dengan topik
|
Jarang berbicara
selama proses
diskusi
berlangsung
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut dari awal
hingga akhir.
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut, tetapi
belum
konsisten.
|
Masih perlu
berlatih
untuk berbicara
secara runtut.
|
2.
Ranah Psikomotorik
a.
Lembar Penilaian
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
Menempelkan
gambar dikolom
|
Siswa dapat
menempelkan gambar dikolom yang tepat secara mandiri.
|
Siswa menempelkan
gambar dikolom yang tepat dengan bimbingan terlebih dahulu.
|
Siswa menempelkan
gambar dikolom dengan bimbingan penuh oleh guru.
|
b.
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Menempelkan
gambar dikolom
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
3.
Ranah Kognitif
a.
Lembar Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Memahami
pekerjaan yang menghasilkan barang
|
|
|
|
2.
|
Memahami
pekerjaan yang menghasilkan jasa
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
b.
Rubrik Penilaian
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
Memahami pekerjaan
yang menghasilkan barang
|
Siswa dapat menjelaskan
3 jenis pekerjaan dan mencontohkan barang yang dihasilkan.
|
Siswa dapat menjelaskan
2 jenis pekerjaan dan mencontohkan barang yang dihasilkan.
|
Siswa dapat menjelaskan
1 jenis pekerjaan dan mencontohkan barang yang dihasilkan.
|
Memahami
pekerjaan yang menghasilkan jasa
|
Siswa dapat menjelaskan
3 jenis pekerjaan dan mencontohkan jasa yang dihasilkan.
|
Siswa dapat menjelaskan
3 jenis pekerjaan dan mencontohkan jasa yang dihasilkan.
|
Siswa dapat menjelaskan
3 jenis pekerjaan dan mencontohkan jasa yang dihasilkan.
|
4.
Daftar Nilai Siswa
No.
|
Nama
|
Ranah
|
Jumlah
Skor
|
||||||
Afektif
|
Psikomotor
|
Kognitif
|
|||||||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
|
|
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
1.
Ranah Afektif
a.
Lembar Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Mendengarkan
|
|
|
|
2.
|
Komunikasi
nonverbal
|
|
|
|
3.
|
Partisipasi
|
|
|
|
4.
|
Keruntutan
berbicara
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
b.
Rubrik Penilaian
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
|
Mendengarkan
teman yang berbicara, tetapi
sesekali masih
perlu
diingatkan
|
Masih perlu
diingatkan untuk mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
|
Komunikasi non
verbal (kontak
mata,
bahasa tubuh,
postur,
ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan tepat
|
Merespon dengan
tepat terhadap komunikasi nonverbal yang
ditunjukkan teman
|
Membutuhkan
bantuan
dalam memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal
yang ditunjukkan
teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman.
selalu mendukung
dan memimpin yang
lainnya saat
diskusi
|
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci, merespon
sesuai
dengan topik
|
Jarang berbicara
selama proses
diskusi
berlangsung
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal
hingga akhir.
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut, tetapi
belum
konsisten.
|
Masih perlu
berlatih
untuk berbicara
secara runtut.
|
2.
Ranah Kognitif
a.
Lembar Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Memahami Masalah
|
|
|
|
2.
|
Perencanaan pemecahan
masalah
|
|
|
|
3.
|
Pelaksanaan
pemecahan masalah
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
b.
Rubrik Penilaian
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
Memahami Masalah
|
Seluruh/ sebagian besar
pemahaman siswa tentang masalah benar
|
Setengah bagian pemahaman
siswa tentang masalah benar.
|
Hanya sebagaian kecil
pemahaman siswa tentang masalah bena.r
|
Perencanaan pemecahan masalah
|
Seluruh/Sebagian besar
dikerjakan oleh siswa secara mandiri dan benar.
|
Setengah bagian tulisan
dikerjakan oleh siswa dengan benar, tetapi perlu bimbingan.
|
Hanya sebagian kecil
dikerjakan oleh siswa dengan benar dan perlu dibimbing secara penuh oleh
guru.
|
Pelaksanaan pemecahan masalah
|
Seluruh/Sebagian besar
dikerjakan oleh siswa secara mandiri dan benar
|
Setengah bagian tulisan
dikerjakan oleh siswa dengan benar, tetapi perlu bimbingan.
|
Hanya sebagian kecil
dikerjakan oleh siswa dengan benar dan perlu dibimbing secara penuh oleh
guru.
|
3.
Daftar Nilai Siswa
No.
|
Nama
|
Ranah
|
Jumlah
Skor
|
||||||
Kognitif
|
Psikomotor
|
||||||||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek
1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
- Matematika
1.
Ranah Kognitif (LKS-Operasi hitung campuran penjumlahan
dan pengurangan)
a.
Lembar Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Memahami Masalah
|
|
|
|
2.
|
Perencanaan
pemecahan masalah
|
|
|
|
3.
|
Pelaksanaan pemecahan
masalah
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
b.
Rubrik Penilaian
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
Memahami Masalah
|
Seluruh/ sebagian besar
pemahaman siswa tentang masalah benar
|
Setengah bagian pemahaman
siswa tentang masalah benar.
|
Hanya sebagaian kecil
pemahaman siswa tentang masalah bena.r
|
Perencanaan pemecahan masalah
|
Seluruh/Sebagian besar
dikerjakan oleh siswa secara mandiri dan benar.
|
Setengah bagian tulisan
dikerjakan oleh siswa dengan benar, tetapi perlu bimbingan.
|
Hanya sebagian kecil
dikerjakan oleh siswa dengan benar dan perlu dibimbing secara penuh oleh
guru.
|
Pelaksanaan pemecahan masalah
|
Seluruh/Sebagian besar
dikerjakan oleh siswa secara mandiri dan benar
|
Setengah bagian tulisan
dikerjakan oleh siswa dengan benar, tetapi perlu bimbingan.
|
Hanya sebagian kecil dikerjakan
oleh siswa dengan benar dan perlu dibimbing secara penuh oleh guru.
|
2.
Daftar Nilai Siswa
No
|
Nama
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
|
||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
Jumlah Skor
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Bahasa Indonesia
1.
Ranah Kognitif (LKS- Menulis karangan)
a.
Lembar Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Kesesuaian cerita
dengan gambar
|
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda
baca dan huruf besar
|
|
|
|
3.
|
Pemilihan kata
|
|
|
|
4.
|
Kesinambungan
antar paragraf
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
b.
Rubrik Penilaian
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
Kesesuaian cerita
dengan gambar
|
Seluruh/ sebagian
besar tulisan sesuai dengan gambar seri
|
Setengah bagian
tulisan yang sesuai dengan gambar seri
|
Hanya sebagaian
kecil tulisan yang sesuai dengan gambar seri
|
Penggunaan tanda
baca dan huruf besar
|
Seluruh/Sebagian
besar tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda
titik, tanda koma
dengan tepat
|
Setengah bagian
tulisan menggunakan
huruf besar,
tanda
titik, tanda koma
dengan tepat
|
Hanya sebagian
kecil tulisan menggunakan huruf besar, tanda titik,
tanda koma dengan
tepat.
|
Pemilihan kata
|
Seluruh/ sebagian
besar tulisan
menggunakan
kosakata baku.
|
Setengah
bagian tulisan
menggunakan
kosakata baku.
|
Hanya sebagian
kecil
tulisan
menggunakan
kosakata baku.
|
Kesinambungan
antar paragraf
|
Seluruh/sebagian
besar antar paragraf berkesinambungan
|
Hanya sebagian
antar paragraf yang berkesinambungan
|
Antar Paragraf
tidak berkesinambungan.
|
2.
Ranah Psikomotorik
a.
Lembar Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Desain Flipchart
|
|
|
|
2.
|
Kerapian
Flipchart
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
b.
Rubrik Penilaian
Kriteria
|
3
|
2
|
1
|
Desain Flipchart
|
Seluruh/ sebagian
besar desain flipchart menarik
|
Setengah bagian
penyajian desain menarik
|
Hanya sebagaian
kecil desain flipchart yang menarik
|
Kerapian
Flipchart
|
Seluruh/Sebagian
besar flipchart rapi.
|
Setengah bagian
flipchart rapi
|
Hanya sebagian
kecil flipchart yang rapi.
|
3.
Daftar Nilai Siswa
No.
|
Nama
|
Ranah
|
Jumlah
Skor
|
|||||
Kognitif
|
Psikomotor
|
|||||||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar