Selasa, 19 Juni 2018

RPP TEMATIK K13 Tema 3: Peduli terhadap Lingkungan Hidup

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama SD                    : SD Selalu Teraniaya
Kelas/semester            : IV C/1
Tema/subtema             : Tema 3/Subtema 3, pembelajaran 1
Hari/tanggal                : Senin, 23 Oktober  2017
Waktu                         : 07.30 – 12.00


A.      Kompetensi Inti
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

B.       Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
IPA
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.


C.      Indikator Pembelajaran
1.      Siswa kelas IV C dapat menyusun daftar pertanyaan dengan menggunakan kata tanya 5W+1H
2.      Siswa kelas IV C dapat melakukan wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan mengenai keadaan di lingkungan sekolah dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dibuat.
3.      Siswa kelas IV C dapat membedakan makhluk hidup yang terawat dan tidak terawat di lingkungan sekolah.
4.      Siswa kelas IV C dapat menjelaskan upaya untuk merawat makhluk hidup yang ada di lingkungan sekolah.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah diberikan oleh guru mengenai cara membuat pertanyaan yang baik dan benar, siswa kelas IV C dapat menyusun 6 pertanyaan dengan menggunakan kata tanya 5W+1H dengan menggunakan kalimat bahasa Indonesia yang benar.
2.         Setelah menyimak instruksi guru, siswa kelas IV C dapat melakukan wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan mengenai keadaan di lingkungan sekolah dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dibuat.
3.         Setelah melakukan pengamatan di area kebun, taman, dan kolam sekolah, Siswa kelas IV C dapat membedakan 4 makhluk hidup yang terawat dan tidak terawat di lingkungan sekolah.
5.      Setelah berdiskusi dengan kelompoknya, siswa kelas IV C dapat menjelaskan upaya untuk merawat makhluk hidup yang ada di lingkungan sekolah.

E.     Materi Pokok
Bahasa Indonesia
-          Pertanyaan 5W+1
-          Wawancara
IPA
-          Makhluk hidup terawat dan tidak terawat
-          Upaya merawa makhluk hidup
IPS
-          Ciri-ciri keadaan lingkungan di sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah

F.     Identifikasi peserta didik
-          Jumlah siswa kelas IV C sebanyak 28 siswa.
-          Empat siswa berkebutuhan khusus
-          Siswa aktif
-          Beberapa siswa suka berbicara dan bercanda dengan temannya

G.    Skenario Pembelajaran

No.
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Alokasi waktu

1




2


3.







4.








5.




6.



7.







8.



9.







10.










































11






12









13







14








15



16



17





18





Pembuka
Guru menyapa siswa dan memperkenalkan diri.

Guru mengecek kehadiran siswa dan mengajak siswa berdoa bersama.

Guru bertanya, siapa yang memiliki hewan peliharaan atau tanaman hias di rumahnya. Bagaimana cara merawat hewan peliharaan dan atau tanaman hias tersebut?

Guru memberitahu bahwa hari ini siswa akan belajar tema 3, subtema 3, pembelajaran 1 tentang lingkungan.

Kegiatan Inti

Guru mengajak siswa untuk membaca materi pada buku halaman 95 tentang wawancara.

Guru membahas pengertian wawancara dan bagaimana membuat laporan wawancara yang baik.

Guru mengajak siswa bersama-sama membuat pertanyaan untuk panduan wawancara.


Guru membagi siswa ke dalam empat kelompok.

Guru memberi pengarahan tentang kegiatan pengamatan lingkungan sekolah dan wawancara, yang akan dilakukan oleh siswa secara berkelompok.

Guru mempersilakan siswa melakukan pengamatan dan wawancara bersama teman sekelompok, dengan tetap didampingi oleh guru.





























Guru meminta siswa masuk kelas dan berdiskusi untuk membuat laporan hasil observasi lingkungan sekolah dan laporan hasil wawancara.


Guru meminta perwakilan tiap kelompok untuk maju mempresentasikan hasil observasi dan wawancara. Teman yang lain boleh memberikan tanggapan.


Setelah semua kelompok sudah maju ke depan kelas, guru memberikan tanggapan secara menyeluruh dan menekankan bagian-bagian materi yang penting.

Guru meminta siswa untuk mengumpulkan LKS.


Kegiatan penutup


Guru mengulang sebentar materi yang telah dipelajari hari ini.

Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal evaluasi

Guru berpamitan kepada siswa dan berpesan agar menjadi anak yang rajin belajar dan mau menjaga kebersihan lingkungan.

Guru mengajak siswa berdoa penutup dan mengakhiri pelajaran hari ini.

Siswa menjawab salam.


Siswa yang ditunjuk memimpin doa.

Siswa menjawab pertanyaan guru.




Siswa mendengarka penjelasan guru.




Siswa membaca buku halaman 95.


Siswa mendengarkan penjelasan guru.
.

Siswa bersama-sama membuat pertanyaan untuk panduan wawancara dengan dbimbing oleh guru.
Siswa berkelompok


Siswa mendengarkan penjelasan guru.




Siswa melakukan pengamatan dan wawancara bersama teman sekelompok, dengan tetap didampingi oleh guru.

Siswa melakukan wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan dengan mengajukan pertanyaan yang telah dibuat.

Siswa mencatat jawaban dari narasumber.

Siswa melakukan pengamatan ke kebun, taman, dan kolam di sekolah.

Siswa mencatat setiap makhluk hidup berserta keadaannya (terawat/ tidak terawat)

Siswa juga mencatat keadaan lingkungan di sekitarnya (bersih/ tidak bersih).



Siswa masuk kelas dan berdiskusi untuk membuat laporan hasil observasi lingkungan sekolah dan laporan hasil wawancara.

Perwakilan tiap kelompok maju mempresentasikan hasil observasi dan wawancara. Teman yang lain memberikan tanggapan.

Siswa mendengarkan penjelasan guru.




Siswa mengumpulkan LKS



Kegiatan penutup


Siswa mendengarkan penjelasan guru.

Siswa mengerjakan soal evaluasi.

Siswa mendengarkan penjelasan guru.



Siswa yang ditunjuk memimpin doa penutup. Siswa memberi salam kepada guru.








15 menit













135 menit





































































































60 menit


















H.      Media dan Sumber belajar
-       Papan tulis/white board, spidol.
-       Narasumber
-       Lingkungan Sekolah

I.         Metode : Model pembelajaran saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi.

J.        Sumber belajar
Anggari, A., dkk. (2017). Tematik terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat
Perbukuan.

K.      Penilaian








RUBRIK PENILAIAN

            Nama siswa / no absen            : ……………………………………………

Berilah tanda centang pada kolom yang tersedia.
Keterangan :


1 = Baik sekali
2 = Baik
3 = Cukup baik
4 = Kurang baik
5 = Tidak baik



No
Keterangan
Skor
1
2
3
4
5
1.
Bekerjasama dengan baik di dalam kelompok.





2.
Berkomunikasi secara baik dengan sesama anggota kelompok.





3.
Menjaga ketertiban kelas.





4.
Aktif bekerja dalam kelompok.





5.
Berani maju ke depan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok.





6.
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat presentasi di depan kelas.





7.
Tugas dikerjakan dengan rapi.





8.
Tugas dikerjakan dengan tepat waktu.





Total skor

Rata-rata


Jakarta, …………………….. 2017
Observer,




(………………………………….)
RUBRIK PENILAIAN LKK (Lembar Kerja Kelompok)

            Nama siswa / no. urut : ……………………………………………

No
Keterangan
Skor
1
2
3
4
5
1.
Dapat menyusun pertanyaan dengan baik dan benar.





2.
Dapat menuliskan hasil pengamatan secara lengkap.





3.
Dapat menuliskan hasil wawancara secara lengkap dan tepat.





Total skor

Rata-rata




Jakarta, 21 Oktober 2017
Dosen pembimbing
Guru pamong/guru kelas
Mahasiswa praktikan



(____________________)      (___________________)        (__________________)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar