Minggu, 28 Agustus 2016

RPP MODUL ICT Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Materi Pembelajaran: Modul + ICT
Nama SD                    : PJJ Yayasan Satu Nusa
Kelas/ Semester           : V/I
Mata Pelajaran            : Matematika
Topik                           : Luas Bangun Datar Trapesium
Waktu                         : 2 x 35 menit
A.    Kompetensi Dasar
3.1 menghitung luas trapesium
Indikator
Setelah belajar mengenai trapesium, siswa kelasV diharapkan mampu:
3.1.1    Menuliskan pengertian dan tiga ciri-ciri trapesium  dengan tepat
3.1.2    Dapat membedakan macam trapesium sembarang, siku-siku dan sama kaki
3.1.3    Dapat menuliskan rumus luas trapesium dengan benar
3.1.4    Menghitung soal luas trapesium dengan benar
B.     Materi Pokok
1.      Pengertian Trapesium
2.      Ciri-ciri Trapesium
3.      Macam Trapesium
4.      Rumus Luas Trapesium
5.      5 soal luas trapesium
C.    Identifikasi Peserta Didik
1.      Jumlah Peserta Didik Yayasan SD Satu Nusa : 120 orang
2.      Kemampuan Awal Peserta Didik :
a.       Siswa Yayasan SD Satu Nusa dapat mengoperasikan komputer berikut dengan internet untuk akses belajar.
b.      Siswa Yayasan SD Satu Nusa mengetahui konsep mendapatkan rumus luas dan keliling trapesium.
3.      Karakteristik Peserta Didik:
a.       Cakap
b.      Kritis
c.       Tanggung Jawab
d.      Aktif
D.    Strategi/MetodePembelajaran
1. Metode Penugasan Resitasi
2. Metoe Latihan/ Drill
E.     Media danSumberBelajar
1.      Gambar trapesium
2.      Video rumus trapesium (keliling dan luas)
3.      Buku BSE Matematika Kelas V
4.      Komputer
5.      Internet(Video dari Sekolah Damar Wulan, e-mail)
F.     LangkahKegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pra-pembelajaran
1.      Menjelaskan karakteristik dan kemampuan awal siswa kelas V Yayasan Satu Nusa kepada teman-teman.
2.      Menjelaskan prosedur menggunakan modul dan akan dibantu oleh guru pendamping.
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit )
Guru mendampingi siswa
-          MemperkenalkanTim Penyusun modul ICT kepada siswa.
-          Menginformasikan tujuan pembelajaran dan indicator kepada siswa.
-          Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang materi trapesium yang sudah dipelajari. (Keliling dan Konsep Luas Trapesium)
2.
Kegiatan Inti ( 45 menit)
Guru mendampingi siswa dan membantu menjelaskan jika ada siswa yang tidak mengerti
-          Siswa membaca penjelasan mengenai pengertian, ciri, macam-macam dan luas trapesium.
-          Siswa mengerjakan soal latihan mengenai luas trapesium
-          Siswa mengerjakan lembar kegiatan tes yang ada Microsoft word dan mengirimkannya melalui e-mail
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
Guru mendampingi siswa
-          Siswa mendapatkan hasil belajarnya berupa nilai dan pembahasan. (umpan balik)
-          Siswa mengamati video rangkuman materi trapesium.

G.    Penilaian

Penilaian diambil dengan cara siswa mengerjakan soal sebanyak 5 butir tentang luas trapesium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar