RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Materi
Pembelajaran: Modul + ICT
Nama
SD : PJJ Yayasan Satu
Nusa
Kelas/
Semester : V/I
Mata
Pelajaran : Matematika
Topik : Luas Bangun Datar
Trapesium
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Kompetensi Dasar
3.1 menghitung luas trapesium
Indikator
Setelah belajar mengenai trapesium,
siswa kelasV diharapkan mampu:
3.1.1 Menuliskan pengertian dan tiga ciri-ciri trapesium dengan tepat
3.1.2 Dapat membedakan macam trapesium sembarang, siku-siku dan sama
kaki
3.1.3 Dapat menuliskan rumus luas trapesium dengan benar
3.1.4 Menghitung soal luas trapesium dengan benar
B. Materi
Pokok
1. Pengertian Trapesium
2. Ciri-ciri Trapesium
3. Macam Trapesium
4. Rumus Luas Trapesium
5. 5 soal luas trapesium
C. Identifikasi
Peserta Didik
1. Jumlah Peserta Didik Yayasan SD Satu
Nusa : 120 orang
2. Kemampuan Awal Peserta Didik :
a. Siswa Yayasan SD Satu Nusa dapat
mengoperasikan komputer berikut dengan internet untuk akses belajar.
b. Siswa Yayasan SD Satu Nusa
mengetahui konsep mendapatkan rumus luas dan keliling trapesium.
3. Karakteristik Peserta Didik:
a. Cakap
b. Kritis
c. Tanggung Jawab
d. Aktif
D. Strategi/MetodePembelajaran
1. Metode Penugasan Resitasi
2. Metoe Latihan/ Drill
E. Media
danSumberBelajar
1.
Gambar
trapesium
2.
Video
rumus trapesium (keliling dan luas)
3.
Buku
BSE Matematika Kelas V
4.
Komputer
5.
Internet(Video
dari Sekolah Damar Wulan, e-mail)
F. LangkahKegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pra-pembelajaran
1.
Menjelaskan
karakteristik dan kemampuan awal siswa kelas V Yayasan Satu Nusa kepada
teman-teman.
2.
Menjelaskan
prosedur menggunakan modul dan akan dibantu oleh guru pendamping.
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1.
|
Kegiatan
Pendahuluan ( 10 Menit )
Guru mendampingi siswa
|
-
MemperkenalkanTim
Penyusun modul ICT kepada siswa.
-
Menginformasikan
tujuan pembelajaran dan indicator kepada siswa.
-
Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang materi trapesium yang sudah
dipelajari. (Keliling dan Konsep Luas Trapesium)
|
2.
|
Kegiatan
Inti ( 45 menit)
Guru mendampingi siswa dan
membantu menjelaskan jika ada siswa yang tidak mengerti
|
-
Siswa
membaca penjelasan mengenai pengertian, ciri, macam-macam dan luas trapesium.
-
Siswa
mengerjakan soal latihan mengenai luas trapesium
-
Siswa
mengerjakan lembar kegiatan tes yang ada Microsoft word dan mengirimkannya melalui
e-mail
|
3.
|
Kegiatan
Penutup (15 menit)
Guru mendampingi siswa
|
-
Siswa
mendapatkan hasil belajarnya berupa nilai dan pembahasan. (umpan balik)
-
Siswa
mengamati video rangkuman materi trapesium.
|
G. Penilaian
Penilaian diambil dengan cara
siswa mengerjakan soal sebanyak 5 butir tentang luas trapesium.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar